Terapi Anak Autis

Penanganan anak autis dapat dilakukan melalui pendekatan terapi dengan memaksimalkan potensi dasar anak melalui peran orangtua dan pendidikan yan bersifat mult disiplin. Pendidikan ini mencakup pendidikan khusus, intervensi tingkah laku dan terapi yang bersifat spesifik. Tujuannya adalah untuk memperbaiki sosialisasi, meningkatkan keterampilan mandiri, meningkatkan kemampuan komunikasi verbal maupun nonverbal. Dalam intervensi tingkah laku mencakup upaya meningkatakan tingah laku positif dan kontak mata. Jadi dukungan keluarga juga sangat diperlukan.

Dari berbagai jenis terapi yang tersedia, orangtua dianjurkan untuk memilih terapi yang dapat meningkatkan fungsionalitas anak dan mengurangi gangguan serta hambatan autisme. Terapi harus disesuaikan dengan kebutuhan anak, berdasarkan potensi, kekurangan, dan minat anak tersebut.

Tidak ada jaminan apakah terapi yang dipilih oleh orangtua maupun keluarga sungguh-sungguh berjalan efektif . Namun demikian, tentukan salah satu jenis terapi dan lakukan secara konsisten, bila tidak ada perubahan atau kemajuan yang nyata dalam tiga bulan anda dapat melakukan perubahan terapi. Bimbingan dan arahan yang diberikan harus dilaksanakan oleh orang tua secara konsisten. Terapi harus dilakukan terus menerus walaupun tingkat perkembangan perbaikan kondisi anak dirasa tidak ada. Meskipun psikofarmakologis bukanlah terapi utama, terapi ini berguna untuk gejala tertentu seperti kondisi hiperaktif dan mau menyakiti diri sendiri.


=====================================

>>> VitaBrain Suplemen Vitamin Otak, Bagus Untuk Perkembangan Anak Autis, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Terapi Autis and tagged , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>